SHARE

Sabtu, 05 Maret 2016

BALURAN NATION PARK

BALURAN NATION PARK 

Little Africa In Java

 

Selamat malam Pembaca :-)

berjumpa lagi dengan admin..nih saya kasih info lagi tentang pengalaman saya di wisata yang mirip  di afrika,,yaitu Taman Nasional Baluran_ Inilah hamparan savana terluas di Pulau Jawa, membuat Anda yang berkunjung ke sini serasa berada di Afrika. Di Baluran tersaji sungguhan alam menakjubkan ketika ratusan rusa berlarian menuju kubangan air, merak jantan melebarkan ekornya untuk menarik perhatian sang betina, puluhan kerbau besar yang gagah, belasan elang mencari makan, hingga lutung dan makaka yang bergelantungan tahukan anda,Baluran mempunyai banyak aneka satwa liar seperti kijang/rusa,banteng/kerbau,aneka burung dan merak,maupun monyet yang bisa menyejukan mata kita disaat berjalan di hadapan hewan tersebut,karena kita langsung berhadapan langsung dengan satwa tersebut.sungguh keren, bukan !

lebih jelasnya mari kita telusuri lebih dalam :-)

Taman Nasional Baluran atau yang juga disebut Little Africa in Java, terdapat beberapa destinasi alam yang bisa anda kunjungi. Dari luasnya padang Savana Bekol, sampai lebatnya hutan hijau Evergreen Forest, hingga keindahan bawah laut di Bama.Baluran terletak di antara perbatasan Situbondo dengan Banyuwangi.

 untuk mencapai tempat ini kira-kira 20-50 km dari pos utama dan anda akan menemukan pepohonan sepanjang jalan karena anda melewati Hutan/alas, alangkah baiknya anda mengendarai mobil jeep di penyewaan pos tersebut, karena melintasi jalan yang begitu extrim. Disepanjang jalan,nanti anda di suguhkan komunitas kupu-kupu,,karena banyak sekali kupu-kupu di jalan tersebut, Seperti ditaman kupu-kupu. 

    Iklim di Taman Nasional Baluran bertipe Monsoon yang dipengaruhi angin timur yang kering. Curah hujan berkisar antara 900-1.600 mm/tahun dan suhu udara antara 27°-30° C dengan bulan kering per tahun rata-rata 9 bulan. Antara bulan Agustus hingga Desember bertiup angin cukup kencang dari arah Selatan. Musim hujan terjadi pada November-April, sedangkan musim kemarau pada April-Oktober dengan curah hujan tertinggi pada bulan Desember-Januari. Secara faktual, perkiraan tersebut sering berubah sesuai dengan kondisi global yang mempengaruhi.

Sesampai pos terakhir  di tengah hutan baluran anda bisa langsung menyaksikan banyaknya satwa liar yang sedang mencari makan dan minum maupun berlari-lari_tapi tenang saja,,hewan-hewannya baik-baik kok,selagi anda tidak membuat hewan tersebut marah.Anda pun juga bisa berfoto-foto dan beristirahat di sana.jangan sampai perjalanan anda tidak kamu abadikan,menyesal dah.


Jika anda terus berjalan menelusuri jalan tersebut anda juga di sambut dengan pantai yang berada di belakang hutan, Dan juga ada beberapa destinasi lain seperti Gua Jepang, Curah Tangis, Sumur Tua, Manting, Dermaga, Kramat, Kajang, Balanan, Lempuyang, Talpat, Kacip, Bilik, Sejileh, Teluk Air Tawar, Batu Numpuk, Pandean atau Candi Bang yang bisa anda kunjungi. Menyelami kesejukan dan keindahan Evergreen Forest Mengamati kehidupan hewan liar di Taman Nasional Baluran, juga merupakan sebuah pengalaman tersendiri. Selain keindahan alam beberapa destinasi yang sudah ada.Menyaksikan keindahan Coral Reef dan birunya air di Bama.

itulah perjalanan yang kita lalui bila menuju ke Taman Nasional Baluran, Semoga kita masih tetap menjaga dan melestarikan alam kita dan satwa-satwanya agar tidak punah hingga akhir hayat.

sampai ketemu diblog ini lagi_masih ribuan informasi yang anda baca di blog ini yang akan datang.tunggu saja

sekian,terima kasih

jangan lupa share iya :-)

Referensi :

http://www.indonesia.travel/sites/site/511/baluran-national-park

Tidak ada komentar:

Posting Komentar